Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia

  • Muhammad Arief Algiffary Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya
  • Zakaria Wahab Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya
  • Muchsin Saggaff Shihab Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya
  • Marlina Widiyanti Magister Manajemen Universitas Sriwijaya
Keywords: Celebrity Endorser, Online Advertising, Word of Mouth, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, online advertising dan word of mouth terhadap minat beli konsumen pada e-commerce Tokopedia. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Indonesia pengguna media sosial Instagram berusia 15-34 tahun yang merupakan pengguna pasif atau belum menggunakan e-commerce Tokopedia pada tahun 2020. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form dan teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada e-commerce Tokopedia. Online advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada e-commerce Tokopedia. Word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada e-commerce Tokopedia. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi Tokopedia dalam upaya untuk dapat meningkatkan minat beli konsumen.

References

Andaru, Y. A., dan Pradekso, T. (2016). The Influence of Internet Advertising, Sales Promotion and Peer Group on Interest Buying of Fashion Product in Online Fashion Store. Interaksi Online, Vol. 15.

Aprilia, F. (2015). “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata “Jawa Timur Park 2” Kota Batu)”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 24.

Aqsa, M. (2018). Pengaruh Iklan Online Terhadap Sikap Dan Minat Beli Konsumen Secara Online di Kota Palopo (Survei pada Pengguna Internet di Kota Palopo). Prosiding, 3(1).

Aqsa, M., dan Kartini, D. (2015). “Impact of Online Advertising on Consumer Attitudes and Interests Buy Online (Survey on Students of Internet Users in Makassar)”. International Journal of Scientific & Technology Research, Vol. 4 (4), 230–236.

Arief, G. M., dan Millanyani, Y. (2015). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Sugar Tribe. EProceedings of Management, Vol. 2 (3).

Arnianti, Y., dkk (2019). “Pengaruh Ikln Youtube Terhadap Minat Beli Vivo Smartphone (Survei Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang Jurusan Manajemen Angkatan 2016, 2017 dan 2018)”. Cakrawala Management Business Journal, Vol. 2 (1), 172–184.

Astuti, R. L. M. B., dan Santoso, Y. P. (2016). “Pengaruh Promosi Online dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen Tas Online Shop Fani House”. Interaksi Online, Vol. 17, 1–10.

Bues, M., dkk (2017). “How Mobile In‐Store Advertising Influences Purchase Intention: Value Drivers and Mediating Effects from a Consumer Perspective”. Psychology & Marketing, Vol. 34, 157–174.

Chang, C. C., dan Chin, Y. C. (2010). “The Impact of Recommendation Sources on Online Purchase Intentions: The Moderating Effects of Gender and Perceived Risk”. World Academy of Science, Engineering and Technology, Vol. 66, 111–114.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Islamy, A. Y. N., dan Yoestini, Y. (2019). “Analisis Pengaruh Iklan Online, Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi pada Konsumen Situs Online Travel Agent Tiket. com)”. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis.

Jurnia, M., dan Rosyad, U. N. (2015). Kajian Hubungan Antara Iklan Di Media Sosial Dengan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, Vol. 2 (4), 12–18.

Kalele, B., Oroh, S. G., & Sumarauw, J. (2015). “Pengaruh Word of Mouth, Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Motor Suzuki Satria Fu Pada PT. Sinar Galesong Mandiri”. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol. 3 (3).

Khan, M. M. (2018). “Effect of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention–Evidence From Q-Mobile Linq Advertisement”. Pakistan Business Review, Vol. 19, 1065–1082.

Kotler, P. (2000). Prinsip-prinsip pemasaran manajemen. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, P and Amstrong G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited.

Kotler, P., dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Lim, W. M. (2015). “Influence of Internet Advertising and Electronic Word of Mouth on Consumer Perceptions and Intention: Some Evidence From Online Group Buying”. Journal of Computer Information Systems, Vol. 55, 81–89.

Lin, L. Y., dan Lu, C. Y. (2010). “The Influence of Corporate Image, Relationship Marketing and Trust on Purchase Intention: The Moderating Effects of Word of Mouth”. Tourism Review.

Mubarok, D. A. A. (2016). “Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen”. E-Jurnal STIE INABA, Vol. 15, 1–16.

Nurvidiana, R. (2015). “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Republica Cafe Malang Jalan MT. Haryono Gg. XI Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 22.

Prabowo, I. J. K. G. (2016). “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY pengguna Iphone)”. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), Vol. 5 (3), 246–256.

Pratiwi, I., dan Moeliono, N. N. K. (2015). “Pengaruh Celebrity Endorser Maudy Ayunda Terhadap Minat Beli Produk Teh Javana (Studi Pada Masyarakat di Kota Bandung)”. E-Proceedings of Management, Vol. 2 (3).

Savitri, N. Y. (2017). “Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Nelalui Media Televisi Terhadap Minat Beli Pada Tokopedia di Denpasar”. E-Jurnal Manajemen, Vol. 6 (8), 4214–4239.

Schiffman dan Kanuk. (2009). Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta.

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi (8th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Sumarwan, U. (2010). Pemasaran Strategik, Perspektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor: IPB Press.

Sweeney, J. C., dkk (2012). “Word of mouth: measuring the power of individual messages”. European Journal of Marketing.

Tanjung, S., dan Hudrasyah, H. (2019). “The Impact of Celebrity and Non-Celebrity Endorser Credibility in The Advertisiment on Attitude Towards Advertisiment, Attitude Towards Brand, and Purchase Intention”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Totoatmojo, K. M. (2015). The Celebrity Endorser (Selebgram) Effect Toward Purchase Intention on Instagram Social Media. Asian Academic Society International Conference Proceeding Series.

Utarsih, Y. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Kartu AS (Studi Kasus Pada Penduduk Bandung). Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 1 (2).

Vien, C. V, dkk (2018). “The Effect of Celebrity Endorsement on Brand Attitude and Purchase Intention”. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship (GBSE), Vol. 1 (4), 141–150.

Widjaja, A. T. (2016). “Pengaruh Word of Mouth dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention: Sebuah Studi Kasus Mengenai Perilaku Konsumen Terhadap Jasa Ojek Online Gojek”. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol. 53.

Published
2020-11-30
How to Cite
Algiffary, M., Wahab, Z., Shihab, M. and Widiyanti, M. (2020) “Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia”, AMAR (Andalas Management Review), 4(2), pp. 16-31. doi: 10.25077/amar.4.2.16-31.2020.
Section
Articles