Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Konsumen Corporate dalam Menggunakan TV Berlangganan MNC Vision di Kota Palembang

  • M Fitriansyah Eka Putra Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya
  • Zakaria Wahab Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya
  • Muchsin Saggaff Shihab Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya
  • Marlina Widiyanti Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya
Keywords: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Keputusan Konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan konsumen corporate dalam menggunakan tv berlangganan MNC Vision di kota Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan corporate aktif MNC Vision di kota Palembang tahun 2020 sebanyak 37 pelanggan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen corporate dalam menggunakan tv berlangganan MNC Vision di kota Palembang. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen corporate dalam menggunakan tv berlangganan MNC Vision di kota Palembang. Kualitas produk pada MNC Vision diharapkan dapat menampilkan channel-channel khusus atau channel yang berbeda dari provider TV berlangganan lain. Kualitas layanan dapat memberikan perhatian apabila terjadi gangguan atau trouble dengan memberikan respon yang cepat dan tanggap.

References

Adyanto, B. C., DAN Santosa, S. B. (2018). "Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, Harga dan Kepercayaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi layanan E-commerce Berrybenka.com)". Diponegoro Journal of Management, Volume 7,(ISSN (Online): 2337-3792), Halaman 1-20.

Al-Ekam, J. M. E. (2016). "The Mediating Effect of Brand Trust on The Influence of Communication, Price, and Product Quality on Consumer Purchase Behaviour in a Less Developed Country". Malaysian Management Journal, Vol. 20, 87–97.

Alim, S. A., dkk (2018). "Pengaruh Persepsi Label Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Muslim (Survei pada Pelanggan Produk Zoya Muslim di Kota Malang)". Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 62.

Amron. (2018). "The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars". European Scientific Journal May, Vol. 14

Aryaty, D., dan Budiatmo, A. (2017). "Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy Series J (Studi Kasus Pada Konsumen Samsung Galaxy Series J Di Kota Semarang)". Jurnal Universitas Diponegoro.

Darwanto. (2007). Televisi Sebagai Media Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Dharma, N. P. S. A., dan Sukaatmadja, I. P. G. (2015). "Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Produk Apple". E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4(ISSN: 2302 – 8912), 3228 – 3255.

Faruq, U. (2018). "Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth, Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce (Studi pada Zalora Indonesia di Semarang)". Jurnal Universitas Diponegoro.

Febriani, R. R. (2018). "Pengaruh Brand Image dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Pada Toko Online (Studi pada Konsumen OLX.co.id di Kota Semarang)". Jurnal Universitas Diponegoro.

Fure, F., Lapian, J., dan Taroreh, R. (2015). "Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di J.Co Manado". Jurnal EMBA, Vol. 3 (1), 367–377.

Harjuno, P. (2018). "Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Scoopy". Universitas Negeri Yogyakarta.

Hendro, C. R., dan Hidayat, W. (2018). "Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Handphone Merek Iphone Kota Semarang". Diponegoro Journal of Social and Politics, 1–15.

Isyanahapsari, S. (2016). "Pengaruh Periklanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Belanja Online (Studi Kasus pada Pengguna E-commerce Elevenia Di Kota Semarang)". Jurnal Universitas Diponegoro.

Jundi, M. S. (2016). "Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Nilai yang Dipersepsikan Sebagai Mediasi Pada Toko Online Lazada. co.id (Studi pada Konsumen Lazada.co.id Kota Semarang)". Jurnal Universitas Diponegoro.

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2015). Marketing an Intoducing Prentice Hall (12th ed.). England: Pearson Education, Inc.

Kotler, P., dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education, Inc.

Kusumah, R. Z. (2016). "Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Waroeng Taman Singosari di Semarang". Jurnal Universitas Diponegoro.

Monalisa, A. L., Suharyono, & Sunarti. (2015). "Pengaruh Kualitas Produk Terhadap International Brand Image serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pembeli dan Pengguna Laptop Lenovo di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)". Jurnal Administrasi Universitas Brawijaya, Vol. 28.

Parasuraman, A., dkk (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perception and Expectation. New York: The Free Press.

Permatasari, E. N. (2017). "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Minimarket (Studi Kasus Pada Pelanggan Minimarket Alfamart Tayu Wetan, Tayu, Pati, Jawa Tengah)". Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Pratama, D. W., dan Santoso, S. B. (2018). "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen pada Produk Stuck Original". Diponegoro Journal of Management, Vol. 7 (2)(ISSN (Online): 2337-3792), 1–11.

Pratiwi, D. E., Hidayat, W., dan Hermani, A. (2018). "Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Mr. K Cafe Cabang Jl. Ki Mangunsarkoro 15 Semarang)". Jurnal Universitas Diponegoro.

Putri, D. A. (2017). "Hubungan Kualitas Produk Dengan Keputusan Pembelian Handphone Android Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area". Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan.

S, A. F., dan Suryoko, S. (2017). "Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas dan Sepatu Charles & Keith (Studi Kasus Konsumen Charles & Keith Paragon Semarang)". Jurnal Universitas Diponegoro.

Sulistyorini, O. D. (2018). "Pengaruh Kualitas Produk, Variasi Produk, Kesesuaian Harga, Citra Merek, dan Kesadaran Merek Dalam Upaya Meningkatkan Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Strada Coffee Semarang)". Jurnal Universitas Diponegoro.

Sumpu, N., dan Tumbel, A. L. (2018). "Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Universitas Samratulangi Manado Angkatan 2016)". Jurnal EMBA, Vol. 6 (4)(ISSN 2303-1174), 2528 – 2537.

Supriyadi, Fristin, Y., dan Indra, G. (2016). "Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian". Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 3 (1).

Tugiso, I., Haryono, A. T., dan Minarsih, M. M. (2016). "Pengaruh Relationship Marketing, Keamanan, Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Intervening". Journal of Management, Volume 2.

Vatjanasaregagu, L., dan Thammathira, S. (2017). "The Impact Of Service Quality And Consumer Decision Factors On Brand Equity". International Business & Economics Research Journal, Vol. 6 (3).

Wicaksana, B. S. (2018). "Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Celebrity Endorser, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio M3 di Kota Semarang". Jurnal Universitas Diponegoro.

Published
2020-11-30
How to Cite
Putra, M., Wahab, Z., Shihab, M. and Widiyanti, M. (2020) “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Konsumen Corporate dalam Menggunakan TV Berlangganan MNC Vision di Kota Palembang”, AMAR (Andalas Management Review), 4(2), pp. 1-15. doi: 10.25077/amar.4.2.1-15.2020.
Section
Articles