Analisis Peningkatan Kapabilitas SDM Bidang Pengawasan Intern Pemerintah Berdasarkan Internal Audit Capability Model (IACM)

  • Asniati Bahari Department of Accounting, Faculty of Economic Andalas University, Padang West Sumatra Indonesia
  • Galefwor Wezdy Inramus Department of Accounting, Faculty of Economic Andalas University, Padang West Sumatra Indonesia
Keywords: Aparat Pengawasan, Kapabilitas APIP, Internal Audit Capability Model, IACM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan tenaga SDM Inspektorat serta identifikasi hambatan dan tantangan dalam rangka peningkatan kapabilitas dan usaha yang perlu dilakukan dalam rangka peningkatan kapabilitas tersebut. Dalam rangka pelaksanaan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini, data dikumpulkan melalui teknik wawancara, reviu dokumen dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan pada Inspektorat Kota Padang. Penilaian dilakukan berdasarkan analisis terhadap enam elemen Peraturan Kepala BPKP Nomor 16 Tahun 2015 untuk menentukan level Internal Audit Capability Model (IACM). Selanjutnya dikakukan analisis hambatan dan tantangan serta langkah-langkah yang dilakukan dalam meningkatkan kapabilitas SDM pada Inspektorat ini. Ditemukan bahwa Inspektorat Kota Padang masih berada pada level 2 dengan catatan; dokumentasi formulir kendali mutu yang kurang baik; seta sumber daya manusia dan anggaran pengawasan yang terbatas. Untuk itu, Inspektorat Kota Padang, meningkatkan kapabilitas apClose Panelarat dengan cara membentuk tim peningkatan kapabilitas; mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki untuk mencapai level 2 penuh; melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait kendali mutu audit; melaksanakan telaah sejawat antar Inspektur Badan dan antar APIP Se-Sumatera Barat; melaksanakan kegiatan assurans berupa audit kinerja. Di samping itu juga membentuk klinik konsultasi pengawasan; melakukan pengukuran dan verifikasi atas peningkatan kapabilitas APIP untuk pemenuhan level 2 dan level 3 serta sekaligus melakukan penginputan dokumen dan penjelasan pada aplikasi peningkatan kapabilitas APIP yang telah disediakan oleh BPKP yang berbasis web.

References

Aditrantra, J.W. (2017). Kajian Strategi Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Studi Kasus Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan(Skripsi). Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Tangerang Selatan.
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. (2011). Peraturan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor PER-1633/K/JF/2011 tentang Pedoman Teknis Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. Jakarta: BPKP.
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.(2015). Peraturan Kepala BPKP Nomor 6 Tahun 2015 tentang Grand Design Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah 2015-2019. Jakarta: BPKP.
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. (2015). Peraturan Kepala BPKP Nomor 16 Tahun 2015 tentang Pedoman Teknis Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah.Jakarta: BPKP.
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. (2016). Laporan Hasil Penjaminan Kualitas (quality assurance) atas Penilaian Mandiri Kapabilitas Inspektorat Kota Padang Tahun 2016. Padang: BPKP.
Heriyanto, T.I. (2016).Analisis Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Berdasarkan Standar IA-CM Pada Pemerintah Kota Padang Panjang(Skripsi). Universitas Andalas, Padang.
Indonesian Corruption Watch. (2016). Vonis Hakim Semakin Menguntungkan Koruptor. Jakarta: ICW.
Inspektorat Kota Padang. (2015). Penghitungan Kebutuhan Jabatan Fungsional Auditor, P2UPD dan Audiwan di Lingkungan Inspektorat Pemerintah Kota Padang. Padang: Inspektorat Kota Padang.
Inspektorat Kota Padang. (2015). Analisis Jabatan Inspektorat Kota Padang Tahun 2015. Padang: Inspektorat Kota Padang.
Neldy, V. (2016). Analisis Peningkatan Kapabilitas APIP Dengan Menggunakan Internal Audit Capability Model (IACM), Studi Kasus Pada Inspektorat Kota Solok (Thesis). Universitas Andalas, Padang.
Toding, D.S. (2016). Kapasitas Aparat Inspektorat Dalam Pengawasan Keuangan Daerah Kabupaten Sidoarjo (Kajian terhadap Kompetensi Aparat Inspektorat di Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 2 (1), 11-16
Published
2018-11-23
How to Cite
Bahari, A. and Inramus, G. (2018) “Analisis Peningkatan Kapabilitas SDM Bidang Pengawasan Intern Pemerintah Berdasarkan Internal Audit Capability Model (IACM)”, AMAR (Andalas Management Review), 2(2), pp. 11-27. doi: 10.25077/amar.2.2.11-27.2018.
Section
Articles