Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Berulang Wisatawan Milenial ke Bukittinggi

  • Heru Aulia Azman Department of Management Faculty of Economics Universitas Dharma Andalas, Padang West Sumatra Indonesia https://orcid.org/0000-0002-3572-7475
  • Yesi Elsandra Department of Management Faculty of Economics and Business Universitas Dharma Andalas, Padang West Sumatra Indonesia
Keywords: faktor pendorong, faktor penarik, minat kunjungan berulang, wisatawan milenial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi minat kunjungan berulang wisatawan milenial ke Bukittinggi. Yang menjadi objek penelitian ini adalah wisatawan milenial yang melakukan kunjungan ke Bukittinggi. Adapun jumlah sampel penelitian adalah 96 orang dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.  Data primer bersumber dari pendapat masing-masing sampel penelitian dengan menggunakan kuesioner, untuk mengetahui respon sampel penelitian mengenai pengaruh Push faktor dan Pull faktor terhadap minat kunjungan berulang wisatawan milenial. Sedangkan data sekunder bersumber dari jurnal-jurnal sebelumnya, buku, media internet, annual report . Data primer yang didapat kemudian dianalisa dengan cara melakukan pengujian dengan teknik analisa regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa factor pendorong dan factor penarik memberikan pengaruh secara positif signifikan terhadap kunjungan berulang wisatawan milenial ke Bukittinggi.

References

Alegre, Joaquin and Magdalena Cladera (2009), Anlysing the effect of satisfaction and previous visits on tourist intentions to return. European Journal of Marketing. 43 (5/6): 670-685.

Cohen, E. (2003). "Backpacking: Diversity and Change". Journal of Tourism and Cultural Change, 1(2), 95–110.

Desforges, L. (2000), "Traveling the world: Identity and Travel Biography". Annuals of Tourism Research, 27(4), 926–945.

Isnaini dan Abdillah. (2018), "Pengaruh Citra Merek Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung dan Kepuasan berkunjung serta Dampaknya terhadap Minat Kunjungan Ulang". Jurnal Administrasi dan Bisnis Vol 55 (2) .hal 122-129

Moore, Marguerite (2012), "Interactive Media Usageamong Millennial Consumers". Journal of Consumer Marketing. 29 (6): 436-44.

Mukayat D. Brotowidjojo. (2009), Metodologi Penelitian dan Penulisan Karangan Ilmiah. Yogyakarta:Liberty, hlm 69

Parhusip, Nina (2018), "Wisatawan Milenial Di Bali (Karakteristik, Motivasi, dan Makna Berwisata", Jurnal Destinasi Pariwisata.Vol 6 No.2:(299-303)

Sugiyono. (2014), Metode Peneliatian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulan, K. M. dan Ninik F. R. (2017), "Generasi Y Doyan Pindah-Pindah Kerja" available at http://nasional.kompas.com/read/2017/02/11/17141441/generasi.y.doyan.pindahpindah.kerja.simak.kompas.minggu.11.2.2017 pada 24 Januari 2020

Published
2020-05-30
How to Cite
Azman, H. and Elsandra, Y. (2020) “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Berulang Wisatawan Milenial ke Bukittinggi”, AMAR (Andalas Management Review), 4(1), pp. 1-17. doi: 10.25077/amar.4.1.1-17.2020.
Section
Articles