Persepsi Mahasiswa tentang Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi

  • Lucy Chairoel Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas
  • Mellyna Eka Yan Fitri Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas
  • Lasti Yossi Hastini Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas
Keywords: persepsi, sistem informasi akademik

Abstract

Perguruan tinggi yang baik adalah yang memiliki SIA yang baik untuk mahasiswa, dosen dan bagian administrasi akademik perguruan tinggi. Fasilitas SIA yang berkualitas akan menjadi nilai tambah bagi perguruan tinggi itu sendiri dan akhirnya manjadi suatu layanan yang utama bagi perguruan tinggi. Tujuan yang didapat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sebatas mana persepsi mahasiswa terhadap pelayanan sistem informasi akademik pada perguruang tinggi. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probabilitas sampling karena pertimbangan biaya, waktu, dan penerimaan hasil. Dari design non probabilitas sampling maka penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling dengan kriteria adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis prodi S1 manajemen yang pernah menggunakan SIA minimal sebanyak 2 kali. Dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 61 responden. Terdapat lima variabel yang mengukur persepsi mahasiswa mengenai kinerja SIA Online yaitu variabel kemudahan penggunaan, kemanfaatan penggunaan, sikap penggunaan,  perilaku penggunaan dan penggunaan sesungguhnya. Teknik analisis data deskriptif yang digunakan adalah analisis Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengukur pemetaan layanan dengan tujuan guna mengetahui persepsi mahasiswa mengenai kualitas pelayanan SIA dan analisa rentang kriteria guna mengetahui posisi kualitas layanan tersebut..  Pada variabel kemanfataan penggunaan menjadi prioritas utama untuk diperbaiki karena berada pada kuadran pertama di Kuadran IPA dan variabel kemanfaatan penggunaan memiliki skor 152 yang berada pada rentang tidak memuaskan.

References

Davis, Fred D. (1989). “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology”. MIS Quarterly ,Vol. 13, No. 3 , hal 319-340.
Fitriani, Ika Nurul. 2012. “Persepsi Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Universitas Diponegoro (SIA Undip)”, Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia. Vol 1, No 1.
Handayani. Muslih Aris. (2017). “Tinjauan tentang Persepsi Mahasiswa terhadap Pelayanan Sistem Informasi Akademik IAIN Purwokerto”, KOMUNIKA, Vol. 11, No. 2.
Jogiyanto H.M. (2007). Analisis dan Desain Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kristiawan, Dona, Sunarto & Sabandi, Muhammad. (2016). “Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik (Siakad Online) Di FKIP UNS dan Pengaruhnya terhadap Manfaat Peningkatan Kualitas Pembelajaran”, Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2016 Vol 2 No 1.
Mathieson, K. (1991). “Predicting User Intentions: Comparing the Technology Acceptance Model with the Theory of Planned Behavior”. Information Systems Research, 2, 173-191. http://dx.doi.org/10.1287/isre.2.3.173
Muflih, Muhammad. (2006). Perilaku Konsumen Dalam Persepektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta:Rajawali.
Rachman, Yudi, (2017). “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Akademik oleh Dosen dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)”. Jurnal LPKIA, Vol.10 No.2.
Sanjaya, I Putu Sugiartha. 2005. “Pengaruh Rasa Manfaat dan Kemudahan Terhadap Minat Berperilaku (Behavioral Intention) Para Mahasiswa dan Mahasiswi dalam Penggunaan Internet”. Kinerja, (9:2): 113-122.
Schuldt, B. A., & Totten, J. W. (2005). “Electronic Mail versus Mail Survey Response Rates”. Marketing Research, 6(1), 36–39.
Sevima, (2019). https://sevima.com/manfaat-sistem-informasi-akademik-bagi-perguruan-tinggi-mahasiswa/ (20 Juni 2019)
Shih, T., & Fan, X. (2009). “Comparing response rates in e-mail and paper surveys : A meta-analysis”. Educational Research Review, 4(1), 26–40. http://doi.org/10.1016/j.edurev.2008.01.003.
Sultono, Seminar,Kudang Boro & Erizal, (2015). “Analysis on Academic Information System Quality Toward User Satisfaction”, International Journal of Administration Science, Vol 22 No 2.
Veithzal, Rivai. (2007). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. PT Raja Grafindo Persada.
Venkatesh, V. dan Davis, F.D. (2000). “A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies”. Management Science, 46 (2), pp. 186–204.
Venkatesh, V & Morris, M.G. (2000). “Why Don't Men Ever Stop to Ask for Direction? Gender, Social Influence and Their Role in Technology Acceptance and Usage Behavior”. MIS Quarterly, (24:1): 115-139.
Published
2020-06-03
How to Cite
Chairoel, L., Fitri, M. and Hastini, L. (2020) “Persepsi Mahasiswa tentang Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi”, AMAR (Andalas Management Review), 4(1), pp. 82-99. doi: 10.25077/amar.4.1.82-99.2020.
Section
Articles